Istana Terindah di Dunia Islam

Share on :
ss-situs.blogspot.com selalu hadir seperti biasa untuk membagi info kembali, kali ini saya akan memperlihatkan foto istana terindah di dunia islam.
Ada banyak masjid yang dibangun di berbagai belahan dunia. Mulai dari masjid yang kecil, sederhana, besar sampai megah. Masing-masing punya keistimewaan dan keindahan tersendiri.
Namun dari semua masjid, ada beberapa yang dianggap paling megah dan memiliki sejarah menarik tersendiri. Berikut ini 11 masjid terindah di dunia.
1. Masjid Sultan, Singapura
Masjid Sultan, Singapura
Masjid Sultan terletak di Muscat Street dan North Bridge Road, Distrik Kampung Glam Rochor, Singapura. Dikutip dari Most Interesting Facts, masjid ini diketahui sebagai salah satu tempat  ibadah utama umat Muslim di Negeri Singa. Sejak didirikan, hanya ada sedikit pengembangan di Masjid Sultan yaitu di hall utama pada 1960 dan dibangun ruang  tambahan pada 1993. Rasanya memang tidak perlu terlalu banyak perubahan pada masjid yang menjadi  monumen nasional pada 14 Maret 1975 ini, karena bangunannya yang sudah kokoh, indah dan cukup megah.
2. Masjid Baiturrahman, Banda Aceh, Indonesia
Masjid Baiturrahman, Banda Aceh, Indonesia
Masjid kebanggaan masyarakat Indonesia, khususnya Aceh ini merupakan salah satu bangunan yang masih  berdiri kokoh pasca diterjang tsunami 26 Desember 2004  silam. Salah satu masjid terindah di  Indonesia dan dunia ini awalnya dibangun khusus untuk Kesultanan Aceh. Keistimewaan masjid ini  terdapat pada keindahan  bentuk, ukiran-ukiran atraktif dan halaman yang sangat luas. Banyak orang  yang pernah berkunjung, mengaku merasakan hawa kesejukan saat berada di dalam masjid ini.
3. Masjid Sultan Omar Ali Saifuddin, Brunei Darussalam
Masjid Sultan Omar Ali Saifuddin, Brunei Darussalam
Masjid ini dibangun untuk Kesultanan Brunei yang berlokasi di Bandar Seri Begawan, ibukota Brunei.  Masjid ini termasuk salah satu yang paling spektakuler di Asia Pasifik, dan menjadi daya tarik utama  bagi para turis. Masjid Omar Ali Saifuddin juga dianggap para masyarakat Brunei sebagai simbol  keagungan negara mereka.
4. Masjid Zahir, Kedah, Malaysia
Masjid Zahir, Kedah, Malaysia
Masjid Zahir dibangun pada 1912 oleh Tunku Mahmud, putra Sultan Tajuddin Mukarram Shah. Tujuan  pembangunan masjid ini dimaksudkan sebagai makam para prajurit Kedah yang gugur saat mempertahankan  Kedah dari perebutan Siam pada 1821. Arsitektur masjid ini terinspirasi dari Masjid Azizi di Kota  Langkat, Sumatera  Utara, Indonesia. Ciri khas masjid ini adalah adanya lima kubah yang menyimbolkan  lima rukun Islam.
5. Masjid Sultan Ahmet, Turki
Masjid Sultan Ahmet, Turki
Tempat ibadah yang juga dikenal dengan Masjid Biru ini memiliki enam menara. Kerumitan arsitektur  menjadi daya tarik masjid yang terletak di Istanbul, Turki  ini. Disebut Masjid Biru, karena pada  sore menjelang malam, bagian atas setiap menara dan kubah-kubah menjadi berwarna kebiruan. Bukan itu  saja, interior  masjid ini juga dihiasi ubin-ubin warna biru yang sangat indah.
6. Masjid Badshahi, Delhi, India
Masjid Badshahi, Delhi, India
Dalam bahasa Inggris, Badshahi berarti masjid kepunyaan raja. Dilansir Latest Top Ten, eksterior  masjid yang dibangun pada masa Kesultanan Mughal ini, seluruhnya terbuat dari batu pasir merah;  kecuali tiga kubah bulat, serta lengkungan kubah dari menara yang berbentuk segi delapan –terbuat  dari batu  marmer. Masjid yang terletak di Delhi ini, memiliki halaman yang disebut-sebut paling  luas di antara masjid yang pernah dibangun di dunia. Bisa dibilang,  masjid ini menjadi saksi  kemegahan dan kejayaan Kerajaan Mughal pada abad 17.
7. Masjid Faisal, Islamabad, Pakistan
Masjid Faisal, Islamabad, Pakistan
Masjid Faisal terletak di sebelah paling utara Islamabad, ibukota Pakistan. Namanya diambil dari  nama pendirinya, Raja Faisal Bin Abdul Aziz dan ditetapkan  sebagai Masjid Nasional Pakistan. Tidak  seperti masjid di Asia pada umumnya, Masjid Faisal tidak memiliki kubah maupun arca. Bentuknya yang  tidak biasa,  terinspirasi dari tenda yang didirikan salah satu suku Arab, Bedouin. Ruang salat  utama berbentuk seperti segitiga besar dan menara dibuat meruncing ke atas.  Sedikit dipengaruhi  oleh gaya bangunan Turki, Masjid Faisal termasuk salah satu gambaran masjid dengan desain arsitektur  kontemporer.
8. Masjid Istiqlal, Jakarta, Indonesia
Masjid Istiqlal, Jakarta, Indonesia
Dalam bahasa Arab, Istiqlal mengandung arti merdeka, karena memang dibangun sebagai perayaan dan  sekaligus memperingati kemerdekaan Indonesia dari jajahan  kolonial Belanda. Tempat ibadah ini  didominasi susunan balok-balok yang terinspirasi dari gaya bangunan Soviet. Ruang salat utama  berbentuk bujur sangkar  dengan 12 pilar besar. Pilar ini sebagai penyangga kubah utama dengan  diameter hingga 45 meter. Bentuknya yang sangat ikonik, merupakan situs sejarah yang  patut  dipertahankan.
9. Masjid Al Aqsa, Jerusalem, Israel/Palestina
 Masjid Al Aqsa, Jerusalem, Israel/Palestina
Masjid Al Aqsa merupakan tempat suci agama Islam di Kota Tua Yerusalem. Masjid ini dianggap sebagai  tempat suci ketiga oleh umat Islam. Muslim percaya bahwa  Nabi Muhammad diangkat ke Sidratul Muntaha  dari tempat ini setelah sebelumnya dibawa dari Masjid Al-Haram di Mekkah ke Al-Aqsa dalam peristiwa  Isra’ Mi’raj.  Salah satu ciri khas Masjid Al Aqsa adalah kubah berwarna emas yang terlihat menonjol  di antara bangunan-bangunan tua berwarna putih. Interiornya sangat  megah, dihiasi berbagai ukiran  pada pilar, serta langit-langitnya.
10. Masjid Al Nabawi, Madinah, Saudi Arabia
Masjid Al Nabawi, Madinah, Saudi Arabia
Tempat ini merupakan tempat suci ketiga dalam Islam, dan masjid terbesar kedua setelah Masjid Al Haram di Mekkah. Salah satu tempat terpenting di masjid ini adalah The Green Dome, atau Kubah Hijau (bagian tengah masjid); di mana makam Nabi Muhammad berada. Al Nabawi memiliki 10 menara, dengan tinggi masing-masing mencapai 105 meter.
11. Masjid Al Haram, Mekah, Saudi Arabia
Masjid Al Haram, Mekah, Saudi Arabia
Inilah masjid terbesar dan tersuci di dunia; memiliki 9 menara dan telah mengalami beberapa kali  renovasi serta penambahan bangunan. Di sinilah terdapat  Ka’bah, tempat paling suci bagi umat Islam.  Setiap tahunnya, lebih dari satu juta peziarah datang ke sini untuk menunaikan ibadah Haji. Umat  Islam percaya,  Ka’bah merupakan bangunan pertama yang didirikan di bumi oleh Nabi Adam, dilanjutkan  Nabi Ibrahim dan terakhir, Nabi Muhammad.
Untuk hari ini, sampai disini dula ya infonya, semoga bermanfaat untuk orang yang membacanya. 


Sumber : wolipop.com 

0 komentar on Istana Terindah di Dunia Islam :

Post a Comment and Don't Spam!

 

Sitemeter